Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat

Kunyit untuk wajah berjerawat - Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang sangat menjengkelkan karean jerawat akan membuat penempilan kita menjadi tidak sempurna, selain itu munculnya jerawat pada wajah akan menimbulkan perasaan orang lain bahwa kita adalah orang yang jorok yang malas membersihkan wajah. 

Padahal sebenarnya munculnya jerawat pada wajah tidak dapat kita kontrol sebab timbulnya jerawat salah satunya akibat perbedaan hormonal seperti pada wanita akan muncul jerawat saat datang bulan, pada pria ketika akan masuk masa dewasa dan terkadang jerawat muncul akibat stress yang kita alami. 

Bagi wanita jerawat adalah sesuatu yang sangat mengganggu dan benar-benar merusak penampilan sehingga tidak sedikit dari wanita yang rela membeli produk kecantikan yang mahal untuk menghilangkan jerawat dengan seketika di area wajah.


Sehubungan dengan kunyit, Apakah Manfaat Kunyit Dapat Mengatasi Jerawat? Sebuah pertanyaan yang bagus, Kunyit sejak dahulu telah di manfaatkan oleh nenek moyang kita untuk beberbagai kepentingan seperti campuran pewarna alami makanan, obat-obatan tradisional dan salah satunya untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel. 

Manfaat Kunyit Untuk Kulit Berjerawat dan Wajah Cantik 
Ternyata kunyit tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi jerawat pada wajah dan juga akan menjadikan wajah lebih mempesona karena kunyit bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menjadikan kulit lebih lembut. Bagaimana cara mendapatkan khasiat kunyit ini ? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Kunyit Sumber Antioksidan
Kurkuminoid adalah senyawa yang merupakan salah satu antioksidan dalam kunyit yang berfungsi menjaga kulit wajah tetap sehat, salah satu manfaat antioksidan adalah menangkal radikal bebas yang di akibatkan polusi dimana-mana  dan salah satu masalah kulit seperti jerawat dan kutil juga dapat di sebabkan oleh radikal bebas. 

Kunyit Mengatasi Masalah Peradangan
Jerawat yang besar akan mengakibatkan muncul rasa sakit dan peradangan pada kulit yang di tumbuhi jerawat, peradangan ini dapat di sebabkan karena kulit mengalami infeksi yang kemudian tubuh kita melakukan perlawananan untuk proses penyembuhan sehingga mengakibatkan peradangan. 

Nah kunyit ini mengandung agen anti inflamasi (anti peradangan) yang membantu mencegah munculnya radang pada jerawat dan membantu peradangan yang terjadi agar cepat sembuh. 

Mencegah Penuaan Dini
Kulit wajah yang sehat akan terhindar dari penuaan dini. Kunyit yang mengandung antioksidan dapat menjaga kesehatan kulit dari ancaman radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, memicu munculnya kanker dan menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini. 

Membuat Kulit Elastis
Kulit yang berjerawat akan cenderung kaku dan tidak elastis karena munculnya peradangan pada kulit. Dengan menggunakan kunyit dapat mengatasi peradangan, jerawat dan menjag kulit tetap sehat sehingga kulit akan menjadi elastis kembali. 

Mengurangi Minyak 
Apakah Anda memiliki jenis kulit berminyak? Jika iya, Anda termasuk pemiliki kulit yang berpotensi memiliki jerawat yang cukup banyak. Sebab salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena terlalu banyakknya minyak yang berada di kulit sehingga mengalami penymbatan pori-pori kemudian akan mengakibatkan munclnya jerawat. Dengan Menggunakan masker kunyit akan mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit Anda.

Beberapa Resep Atasi Jerawat Dengan Kunyit 

1. Masker Kunyit Alami 
Cara membuat masker kunyit alami dan bagaimana teknik penerapannya : 
  • Ambillah kunyit yang segar kemudian di cuci dan selanjutnya di tumbuk hingga halus
  • Bubuhkan air sedikit demi sedikit agar terbentuk masker yang baik dan lengket 
  • Terapkan masker pada area jerawat saja atau bisa juga diratakan keseluruh bagian wajah
  • Biarkan selama beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat
Setelah menggunakan masker kunyit Anda dapat menggunakan madu sebagai masker kedua setelah kunyit agar hasilnya lembih bagus


2. Masker Kunyit dan Tepung Beras
Resep kedua yang ini adalah dengan menyampurkan tepung beras kedalam sajian maske kunyit, cara membuatnya : 
  • Campurkan masker kunyit dengan tepung beras dan madu hingga menjadi lembut dan halus seperti masker
  • Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 25 menit
  • Bersihkan dengan air hangat atau uapi wajah dengan air hangat
  • Resep ini akan membersihkan wajah dari kototran penyebab jerawat dan meredakan peradangan pada jerawat membandel
3. Masker Kunyit dengan Minyak Zaitun

campuran kunyit dengan minyak zaitu akan memanjakan kulit wajah Anda karena kulit akan sekaligus ternutrisi karena kandungan minyak zaitu yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Berikut ini cara membuatnya :
  • Haluskan kunyit dengan dicampur minyak zaitun hingga lembut dan berupa pasta/masker
  • Terapkan diwajah masker ini 
  • Tinggalkan beberapa masker selema beberapa saat pada daerah berjerawat
  • Kemudian bersihkan masker dengan air hangat 
4. Minuman Jamu Kunyit Asam
Pengobatan jerawat dari luar dan dalam sangat perlu di lakukan untuk hasil yang maksimal. Apabila masker kunyit mengobati jerawat dari luar maka jamu kunyit asam akan membantu mengobati jerawat dari dalam (artiklet terkait : Manfaat Jamu Kunyit Asam ). Jamu kunyit asam ini akan membantu membersihkan darah. 

Efek Penggunaan Masker Dari Kunyit
Beberapa jenis kulit sensititif terhadap kandungan senyawa kunyit sehingga untuk mengarangi hal yang beresiko buruk pada kulit Andaperlu memperhatikan hal-hal berikut ini : 

  • Masker tidak digunakan lebih dari 30 menit
  • Jangan menggunakan masker kunyit setiap hari untuk mengurangi efek panas/terbakar
  • Seusai menerapkan masker kunyit gunakanlah pembersih wajah dan pelembab untuk menghilangkan pewarna kuning pada kunyit
  • Gunakalah Yogurt sebagai pengganti air untuk membuat masker apabila jenis kulit Anda kering 
  • Jangan gunakan campuran bahan kimia untuk masker karena dapat mengakibatkan masalah yang merusak kulit wajah.
Agar mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah kunyit yang segar, bersihkan dari lumbur dan kotoran yang menempel. Mengkonsumsi makanan yang sehat juga penting untuk menjaga tubuh dari dalam. Setelah mengetahui manfaat kunyit untuk mengatasi jerawat di wajah Anda bisa memperaktekkannya resepnya dirumah, semoga berhasil ^-^.


0 Response to "Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Wajah Berjerawat"