Manfaat Jamu Kunyit Asam

Manfaat Kunyit Asam - Indonesia adalah negara yang kaya dengan obat-obatan herbal yang baik untuk kesehatan. Obat-obatan herbal itu masih lestari hingga sampai saat ini. Jamu adalah salah satu obat herbal yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia yang memiliki khasiat yang sangat manjur di dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan termasuk jamu kunyit asam.

Manfaat Khasiat Jamu Kunyit Asam


Resep Jamu kunyit asam telah diketahui oleh nenek moyang kita, dan mereka mengatakan bahwa jamu ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam infeksi penyakit. Sebenarnya ada banyak manfaat yang di peroleh dari mengkonsumsi jamu kunyit asam ini, menurut lansiran dari boldsky.com di antara khasiatnya sebagai berikut :

Berbagai Manfaat Jamu Kunyit Asam 

Banyak sekali khasiat jamu kunyit asam bagi kesehatan, berikut ini daftar manfaatnya :

1. Menetralkan Racun Kimia (detoksifikasi)
mengontrol berat badanSalah satu keunggulan kunyit asam adalah membantu proses pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh akibat dari kelebihan mengkonsumsi obat kimia. senyawa didalam Kunyit mampu membantu mengeluarkan racun itu di dalam tubuh sehingga tubuh kita akan lebih sehat.

2. Mengontrol berat badan
Penyebab tidak terkontrolnya berat badan karena nafsu makan yang berlebihan sehingga mendorong anda untuk selalu menikmati makanan seperti mengemil. Dengan meminum Jamu kunyit asam ini nafsu makan anda akan lebih terkendali sehingga anda tidak akan makan berlebihan lagi.

3. Mengatasi Beberapa Infeksi 
Anti bakteri yang terkandung pada kunyit mampu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi, semisal infeksi pada tenggorokan, infeksi karena luka bakar, cidera dan terbakar karena terkena radiasi matahari yang terlalu berlebihan. Dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi air kunyit asam. Ini di karenakan kunyit memiliki sifat antiinflamasi(anti radang). 

Selain manfaat di atas ada yang lebih populer lagi dari manfaat jamu kunyit asam yang di refrensikan dari blog arenawanita.com yang menyebutkan sebagai berikut :

Khasiat Jamu Kunyit Asam Bagi Wanita

a. Siklus darah saat haid menjadi lebih lancara
Banyak wanita yang telah membuktikan khasiat kunyi asam ini, mereka yang mengkonsumsi jamu ini secara rutin apa lagi jika di kombinasikan dengan sirih (kunyit asem sirih) jamu ini akan menjadi obat alami yang mempu menghilangkan nyeri haid dan keputihan.

b. Warna kulit menjadi lebih cerah dan bersih
Kunyit mampu menetralisir racun di dalam tubuh anda. Tubuh yang sehat dan bersih dari racun akan berdampak positifpada kulit, kulit menjadi lebih sehat dan bersih dari kotoran.

c. Mengurangi lemak di dalam tubuh
Jika anda menginginkan tubuh yang edial langsing proposional anda dapat mengkonsumsi jamu kunyit asam ini dirumah, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi lemak yang terdapat di dalam tubuh dan mengendalikan berat badan. Ini cocok buat anda yang sedang menjalani diet.

d.Memperlambat Proses Penuaan 
Kandungan antioksidan jamu kunyit asam ini dapat membantu dalam proses peremajaan kulit sehingga sel kulit menjadi segar kembali.

Ada juga yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi ramuan atau jamu kunyit asam ini dapat mengecilkan perut yang buncit tanpa melakukan olah raga. Asalkan mau mengkonsumsinya secara teratur. Saya jelaskan kembali bahwa informasi ini di dapat berdasarkan ucapan nenek moyang kita dan para wanita yang telah membuktikan manfaat kunyit asam. 

Artikel Terkait : Manfaat Kunyit Untuk Wanita

Diatas kita sudah mengerti Khasiat dari Jamu Kunyit Asam  nah sekarang kita kan belajar bagaimana cara membuat jamu kunyit asam, simak langkah di bawah ini :

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam


Bahan Membuat Kunyit Asam: 

1/2 KG  kunyit segar
1/4 Gula jawa (gula merah aren kalau ada)
1/2 asam jawa
2 liter air
1/6 sendok teh garam ( sedikit saja)

Cara Membuat :

khasiat jamu kunyit asam untuk kesehatan 1. Kunyit dibersihkan dari kotoran yang menempel kemudian di parut atau di blander hingga halus dan di sahring untuk di ambil air atau sarinya saja.

2. Selanjutnya air perasan kunyit di rebus dengan di campurkan air 2 liter, gula jawa, asam dan garam hingga mendidih (sambil di aduk-aduk)

3. Setelah mendidih matikan api dan biarkan hingga dingin. 
4. Jamu kunyit asam telah siap untuk di minum, anda ingin pake es bisa ditambahkan kedalam gelas.

Minuman herbal ini telah digunakan sejak lama dan sudah terbukti manfaatnya bagi kesehatan. Baik pria maupun wanita dapat meminumnya sebagai minuman sehat yang menyegarkan karena dapat di konsumsi dengan es. Minumlah jamu kunyit asam ini setiap hari agar khasitakanya semakin terasa pada tubuh kita.


0 Response to "Manfaat Jamu Kunyit Asam"