Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Kunyit adalah bahan rempah rempah tradisional dengan sejuta manfaat. Selain cara menanamnya yang mudah, serta harganya yang murah. Sejak dahulu kunyit memang terkenal manfaatnya dibanyak bidang, salah satunya adalah sebagai pewarna makanan kuning. Ternyata, selain untuk pewarna makanan ada banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh sebagai berikut:

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Peradangan sendi kronis
Studi klinis telah membuktikan bahwa zat pada kunyit yaitu kurkumin memberi efek antioksidan yang sangat kuat sehingga mampu menetralisir radikal bebas, bahan kimia yang dapat merusak sel tubuh, dan radang sendi.

2.  Anti peradangan atau anti inflamasi
Taukah anda bahwa kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti inflamasi yang signifikan bahkan lebih kuat dari minyak astiri.

3. Pencegahan kanker
Benda mungil ini ternyata bisa mencegah kanker! Antioksidan pada kurkumin lah yang berfungsi melindungi sel sel usus besar, dalam hal ini kunyit dapat mencegah kanker hati, kanker usus besar, dan prostat.

4. Meningkatkan Antioksidan
Kandungan dalam kunyit dapat meningkatkan antioksidan sehingga antioksidan dapat terpenuhi bila kita rajin mengkonsumsi kunyit.

5. Mencegah penyakit Alzaimer
Kurkumin dapat mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Perlu diketahui bahwa penyakit Alzaimer dapat datang seiring bertambahnya usia. Alzaimer dapat menyebabkan anda pikun.

6.  Mencegah depresi
Saat depresi, mengkonsumsi kunyit entah dalam bentuk minuman atau makanan dapat meringankan depresi. Dan ketika anda dalam keadaan rentan stres, kunyit dapar mencegah datangnya depresi.

7. Untuk kecantikan
Untuk yang satu ini memang terkenal sejak dahulu, fungsinya dapat untuk memutihkan kulit, menghilangkan bekas jjerawat,dan membuat kulit semakin halus. Untuk pemanfaatan kunyit dibidang kecantikan, lazimnya menggunakan bubuk kunyit untuk masker.

Cara Mengkonsumsi Kunyit Agar Memporoleh Manfaatnya
Mengkonsumsi kunyit dapat dengan berbagai cara, diantaranya  dengan mengolah kunyit menjadi jamu tradisional, kapsul ekstrak kunyit dan makananan yang menggunakan kunyit sebagai bahan pewarnanya.

Namun yang paling umum dilakukan dalam mengkonsumsi kunyit adalah dengan mengolahna menjadi jamu dan kapsul suplemen. Sekarang yang menjadi pertanyaan apakah Anda bisa membuat jamu tradisional dari bahankunyit? Jika Anda belum bisa Anda dapat membaca Artikel ini : Cara Membuat Jamu Kunyit Asam 

Sedangkan bila Anda menghendaki dalam bentuk kapsul suplemen Anda dapat membalinya di apotik-apotik yang menyediakannnya. Namun yang menjadi masalah adalah di Indonesia sepertinya masih jarang.

Nah, banyak sekali bukan manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Dalam pemanfaatanya bisa dalam bentuk minuman, makanan,masker ataupun langsung dikonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat!

0 Response to "Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh"