Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Manfaat Kunyit sebagai bahan alami untuk kecantikan - Kunyit  tergolong dalam tanaman rempah dan mirip seperti jahe. Ukuran rimpang dan warna kunyit sangat sangat khas, yaitu berwarna kuning. Aromanya juga sangat khas. Seperti halnya dengan tanaman rempah lainnya, kunyit putih digunakan untuk berbagai keperluan.
 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Dan Wajah
Sebut saja untuk kecantikan, pengobatan alami, minuman segar, dan juga bumbu. Kandungan zat curcumin-nya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah dan kulit tubuh. Pada zaman dulu, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang diolah menjadi produk kecantikan.

1. Mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat

Menurut hasil penelitian, kunyit mengandung zat antiseptic dan juga zat antibakteri. Perawatan secara rutin dengan menggunakan kunyit dapat mencegah timbulnya jerawat. Nah, bagi anda yang sudah terlanjur berjerawat, anda tak perlu khawatir karena anda juga dapat menghilangkan jerawat pada wajah anda dengan ramuan berbahan kunyit. Alhasil, kulit wajah akan menjadi halus, bercahaya, dan bebas dari jerawat. Cara membuat obat jerawat alami dari bahan kunyit sangatlah mudah. Cukup haluskan kunyit yang sudah dicuci bersih lalu jemur hingga menjadi bubuk kering. Kemudian campurkan bubuk kunyit dengan air perasan lemon dan bubuk cendana. Oleskan pada wajah anda dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat. Nah, untuk menghilangkan bekas jerawat, cukup oleskan bubuk kunyit yang sudah dicampur dengan sedikit air lalu oleskan pada noda-noda bekas jerawat.

2. Mengatasi kulit berminyak

Kunyit  juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi produksi minyak di wajah. kunyit mampu mengontrol produksi minyak pada kelenjar minyak di kulit. Cara memakainya pun sama mudahnya dengan cara di atas. Campur bubuk kunyit dengan sedikit air lalu aduk hingga menjadi pasta. Campurkan juga pasta kunyit dengan sekitar 1,5 sendok makan bubuk cendana plus tambahkan air perasan jeruk nipis.  Kemudian oleskan  pasta pada seluruh wajah, terutama area T dan diamkan selama kira-kira 10 hingga 15 menit. Terakhir, bilaslah dengan air hangat.

3. Mengatasi kulit kering

Nah, untuk mengatasi kulit kering, anda campurkan putih telur, jus lemon, air mawar, minyak zaitun, dan sedikit bubuk kunyit lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan pada kulit tubuh atau kulit wajah yang kering. Baik juga digunakan untuk menghaluskan kulit di beberapa area tubuh seperti lutut, siku, dan leher.

4. Mengatasi keriput di wajah

Ramuan produk kecantikan tradisional dengan bahan kunyit juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi keriput di wajah. Caranya, campurkan beberapa bahan seperti kunyit bubuk, tepung beras, jus tomat, dan susu segar. Gunakan campuran bahan-bahan ini sebagai masker dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

5. Mencegah tanda-tanda penuaan

Anda ingin terhindar dari tanda-tanda penuaan dini? Lakukan treatmen yang satu ini. campurkan tepung kacang arab dan bubuk kunyit dengan perbandingan yang sama besar. Anda juga boleh menambahkan susu segar atau yoghurt. Oleskan pada seluruh bagian wajah sembari dipijat dengan gerakan memutar. Ramuan yang sama juga bisa digunakan untuk menghilangkan stretch marks.

6. Mengatasi pecah-pecah pada tumit kaki

Anda bermasalah dengan tumit kaki anda yang pecah-pecah? Ada cara cepat dan efektif untuk menghilangkan kulit kering dan pecah-pecah pada tumit kaki, yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit dan air kelapa/ minyak jarak. Oleskan pada tumit kaki dan diamkan selama 10 atau 15 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin.
Demikian sekilas ulasan mengenai manfaat kunyit untuk kecantikan kulit dan wajah. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda semua. terimakasih untuk kunjungannya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya :-)


0 Response to " Manfaat Kunyit untuk Kecantikan"