Manfaat Kunyit Untuk Wajah Cantik Secara Alami

Manfaat Kunyit untuk Wajah - Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang sudah dimanfaatkan sejak ratusan tahun lalu. Kunyit seringnya digunakan sebagai bumbu masak. Namun seiring berjalanya waktu, kunyit juga dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional. 

6 Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Wajah Secara Alami

Bahkan akhir-akhir ini kunyit dijadikan salah satu bahan penyusun produk-produk kecantikan terutama produk lotion, scrub, dan pelembab. Di bidang kecantikan, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang dipertimbangkan penggunaannya karena mengandung zat antiseptik alami.
Zat antiseptik alami inilah yang ampuh mencegah dan mengatasi radang pada kulit wajah akibat jerawat atau luka. Zat antiseptik alami ini juga sangat efektif untuk menghilangkan gatal-gatal dan ruam  pada wajah. Kulit menghitam karena paparan sinar matahari juga dapat diatasi hanya dengan bahan alami ini.

Manfaat kunyit untuk wajah

Lebih jelasnya, silahkan simak beberapa manfaat kunyit untuk wajah berikut ini:

 Menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya

Bagaimana caranya mengobati jerawat dengan menggunakan kunyit? Caranya yaitu dengan membuat masker alami dari bahan kunyit. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker ini yaitu bubuk kunyit, madu, yoghurt, dan air perasan kunyit. Campurkan semua bahan hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan secara merata pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit saja. sebaiknya tidak lebih dari 15 menit karena kunyit mengandung zat pewarna alami yang sangat kuat. Setelah 15 menit, silahkan anda bersihkan wajah anda dengan air yang mengalir hingga bersih.

Mengontrol produksi minyak pada kulit wajah

Manfaat kunyit lainnya untuk kecantikan adalah dapat mengontrol produksi minyak pada kulit wajah. Dengan mengoleskan masker alami yang terbuat dari bubuk kunyit dan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, minyak pada area T dan yang menempel pada pori-pori kulit wajah akan hilang. Lakukan treatmen ini selama 15 menit saja lalu bilas dengan air bersih.

Menyamarkan garis-garis halus dan kerutan serta mencegah tanda-tanda penuaan dini

Pencegahan penuaan dini dan penyamaran garis-garis halus dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan menggunakan masker alami yang berbahan bubuk kunyit, jus tomat, sus, dan tepung beras. Oleskan masker ini dengan menggunakan kuas pada area wajah dan leher anda. Diamkan selama 20 menit lalu basuh dengan air dingin hingga bersih.

Menghilangkan bulu-bulu halus pada kulit wajah

Kunyit juga ternyata dapat menghambat pertumbuhan bulu –bulu halus di kulit wajah. kali ini bubuk kunyit anda jadikan lulur, bukan masker. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan tepung chickpea atau tepung kacang arab lalu aduk hingga rta. Gunakan lulur ini sebulan dua kali. Dalam waktu 1 bulan, anda akan melihat perubahan pada wajah anda.

Mengatasi pigmentasi pada kulit

Zat antiseptik dan anti-inflamasi pada kunyit bermanfaat untuk mengatasi pigmentasi pada kulit.  kunyit juga dapat mendinginkan kulit yang panas akibat terpapar sinar matahari. Sensasi segar yang diciptakan oleh ramuan kecantikan ini berasal dari segarnya jus mentimun segar yang sudah dicampur dengan bubuk kunyit. Lakukan treatmen ini selama 20 hingga 30 menit, perlahan-lahan warna kulit akan kembali seperti semula.

Menghaluskan kulit yang rawan kasar seperti tumit, lutut, dan siku

Kunyit juga berkhasiat menghaluskan kulit yang kasar seperti kulit pada siku, tumit, dan lutut. Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air kelapa. Oleskan campuran bubuk kunyit dan air kelapa tersebut pada lutut, siku, dan tumit dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih.


0 Response to "Manfaat Kunyit Untuk Wajah Cantik Secara Alami"